Makna Sang Merah Putih pada Upacara Bendera

Pada Perayaan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan menyampaikan, “ Saat ini pada setiap pelaksanaan upacara bendera, untuk membuat Sang Merah Putih berada di puncak tiang bendera dan berkibar dengan anggun hanya butuh beberapa menit saja tetapi bagi para perintis kemerdekaan, untuk melakukan hal tersebut, butuh waktu yang panjang pada masa itu. Sang Merah Putih, kata dia, berkibar bukan karena pemberian tetapi cerminan perjuangan dari para perintis kemerdekaan yang membuat kita semua dapat hidup di alam merdeka seperti saat ini”.

 

 

“Mereka hibahkan waktu, pikiran, tenaga, bahkan nyawa agar Sang Merah Putih bisa sampai di puncak dan berkibar di tanah tumpah darah kita,” demikian disampaikan Mendikbud saat memberikan amanat sebagai pembina upacara pada Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia di kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (17/8/2015).

Mendikbud menegaskan, Republik Indonesia ini diperjuangkan oleh semua komponen dalam meraih kemerdekaan, walaupun gagasan-gagasan utamanya dibentuk dan didorong oleh kaum terdidik. Kemerdekaan Republik ini, kata dia, digagas dan diperjuangkan bukan hanya untuk menggulung kolonialisme tetapi juga menggelar kesejahteraan. “Menggelar keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

Sumber : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI